Sat Narkoba Polres Grobogan Sosialisasi di Dokoro

Meskipun saat ini Kabupaten Grobogan masih dilanda pandemi Covid-19, tidak menjadi hambatab Satuan Narkoba Polres Grobogan untuk melaksanakan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang kepada  masyarakat, khususnya kaum millenial.

Terbukti, pada hari Kamis (28/09/2021) Sat Narkoba Polres Grobogan bersama Pemerintah Desa Dokoro Kecamatan Wirosari Grobogan, menggelar Penyuluhan / Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di balai desa setempat. Hadir dalam kegiatan tersebut Kesbangpol Kab. Gobogan, Kasat  Resnarkoba Polres Grobogan AKP Hendro Satmoko, Camat Wirosari, Kepala Desa Dokoro, Kapolsek  Wirosari dan Danramil Wirosari.

Kegiatan tersebut bertempat  di gedung serba guna Desa Dokoro Kecamatan Wirosari yang dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Kepala Desa Dokoro, Masrukin. Hadir pada kesempatan ini Forkopimcam Kecamatan Wirosari. Sosialisasi ini diikuti oleh para perangkat desa dan masyarakat umum yang terdiri dari pemuda, tokoh masyarakat dan agama.

Antuias para peserta mengikuti sosialisasi

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi SIK MSi, melalui Kasat Narkoba Polres Grobogan AKP Hendro Satmoko mengatakan, kegiatan sosialisasi ini tentunya bertujuan, untuk menekan penyalahgunaan narkoba, atau obat-obatan terlarang yang memang saat ini marak di wilayah Hukum Polres Grobogan.

“Sosialisasi ini sebagai upaya Kami untuk menekan adanya peredaran, atau penyalahgunaan narkoba, dan obat-obatan terlarang di kaum milenia, dan hal ini tentunya agar menjadikan lingkungan Desa bersih dari penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang,” ujar AKP Hendro.

“Desa ini diharapkan, benar-benar bersih dari narkoba. Masyarakatnya juga kompak, untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Karena negara kita saat ini, sudah darurat narkoba,” tegasnya.

banyak hal yang disampaikan oleh Narasumber kepada peserta

Ditambahkan AKP Hendro Satmoko, Narkoba Dan Covid-19 Dua Musuh Utama Masyarakat Yang Harus Di Perangi Bersama. Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba) dan Covid-19 merupakan musuh utama masyarakat yang harus di perangi secara bersama demi kesehatan dan kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat.

Poin-poin penting Kegiatan Penyuluhan / Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Apa sih Narkoba itu? Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap, sedot) maupun secara injeksi/suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang. Adapun jenis-jenis narkoba, yaitu:

  1. Ganja (cannabis sativa) menyebabkan penggunanya ingin makan terus serta membuat perasaan tenang
  2. Shabu (ampethamin) menyebabkan penggunanya kuat dan merasa kenyang
  3. Ecstasy, jenis ini sering digunakan di tempat hiburan malam
  4. Tembakau Cap Gorilla membuat penggunanya berhalusinasi.
  5. Flakka membuat pengguna jadi seperti zombie
  6. Jamur Tahi Sapi (Magic Mushroom)
  7. Obat daftar G

Peran seluruh elemen bangsa dalam penanganan narkoba yaitu: Pertama, adanya komitmen diri dimana seluruh elemen bangsa bertanggung jawab dan berkomitmen menjaga diri, keluarga, komunitas dan lingkungan dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Kedua, adanya regulasi anti narkoba. Penerbitan regulasi pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap. Ketiga, konsolidasi kekuatan. Seluruh elemen (pemerintah, swasta dan masyarakat) berkontribusi dalam P4GN. Keempat, bersih narkoba. Mewujudkan lingkungan masyarakat, pemerintahan, tempat kerja, kampus/sekolah bersih narkoba. Kelima, deteksi dini. Penyelenggaraan tes urine secara berkala di lingkungan instansi, organisasi, kampus, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Desa Dokoro

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *